Akhlak Generasi Milenial

”Sesungguhnya aku (Muhammad) diutus di muka bumi ini untuk menyempurnakan akhlak” (HR Bukhari).

Sepenggal Hadist ini menunjukan bagaimana pentingnya akhlak karimah, yang selalu menjadi permasalahan pada era digital saat ini,yang dimana zaman yang serba canggih,informasi didapat secara cepat dan dimana terdapat fenomena anak balita yang sudah terbiasa kita lihat bermain gadget,anak usia sekolah dasar yang menonton video porno,buliying di sosmed dan masih banyak lagi fenomena-fenomena yang dapat kita lihat pada era digital seperti ini.

Dengan informasi-informasi yang di dapat secara cepat sekarang,peran orang tua dalam mendidik anak sangatlah penting untuk tidak terjerumus dalam fenomena-fenomena negatif yang banyak kita temui pada saat ini,tetapi sayangnya banyak dari orang tua yang acuh atau membiarkan anak mereka untuk bebas bermain gadget,tidak mengontrol apa saja yang mereka tonton di televisi dan tidak berusaha untuk memberitahu bagaimana cara menggunakan media informasi dengan baik.

Memang menjadi orang tua di zaman now seperti sekarang tidaklah mudah ,tetapi mereka harus siap dan berpacu dengan derasnya arus informasi yang bisa membentuk perilaku dan kebiasaan.

Gadget, televisi, internet, dan lingkungan pergaulan menjadi ancaman jika tidak tegas dan hati-hati menyikapinya. Orang tua harus mencari cara mengasuh dan mendidik para generasi milenial dengan cerdas dan tegas.
Sehingga, akhlak anak-anak milenial tumbuh seperti akhlak yang sudah di contohkan oleh Rasulullah Saw.
Bahkan, ada orang tua yang berpikiran untuk memasukkan anak-anak nya ke pesantren sebagai “obat” agar kenakalan anak-anak dan remaja itu bisa diredam sejak dini. Betulkah cara tersebut? Sepintas betul.
Namun, bukankah tanggung jawab mendidik akhlak generasi milenial itu tugas bersama. Mulai dari orang tua, guru di pesantren maupun lingkungan masyarakat sekitar. Agar, akhlak milenial yang tidak baik bisa diperbaiki.

Baca Juga :  Selamat & Sukses Atas Dilantiknya Jendral Polisi Listyo Sigit Prabowo Sebagai Kapolri

Saya mengajak para orang tua untuk tidak abai dengan masa depan para generasi milenial, karena orang tua adalah wakil rasul dalam menyempurnakan akhlak.

 

Nama lengkap : Aluh Ukhti Hanifah
Mahasiswi UIN Mataram
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Jurusan PGMI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *